Catat! Kabar Bahagia untuk Guru, Tes CASN dan PPPK 2023 Fokus Tenaga Pendidik dan Kesehatan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan, tes tes calon aparatur sipil negara (CASN) dan PPPK 2023 difokuskan untuk formasi tenaga kesehatan dan pendidik.

Zam Zam M
Jum'at, 17 Maret 2023 | 20:30 WIB
Catat! Kabar Bahagia untuk Guru, Tes CASN dan PPPK 2023 Fokus Tenaga Pendidik dan Kesehatan
Ilustrasi Pendaftaran CPNS (Shutterstock) - Formasi CPNS yang Jadi Prioritas

LINIMASA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2023 akan akan segera dibuka untuk umum.

Selain itu kabar bagaia lainnya datang dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas. Ia menyampaikan kalau tes tes calon aparatur sipil negara (CASN) dan PPPK 2023 difokuskan untuk formasi tenaga kesehatan dan pendidik.
 
"Arahan Presiden RI tenaga pendidikan dan kesehatan akan menjadi prioritas yang harus diselesaikan Kemenpan RB. Pada 2022 telah disiapkan 700 ribu formasi tetapi baru diserap daerah 400 ribu sehingga akan kita buka lagi pada 2023," kata dia di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Dengan adanya pelaksanaan tes CASN dan PPPK untuk dua formasi tersebut, kata dia, dapat diselesaikan bersama-sama oleh pemerintah pusat dan daerah.
 
Kemudian, katanya, untuk formasi PPPK di daerah harus didiskusikan ulang oleh gubernur dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) agar dapat terpenuhi sesuai dengan kebutuhan daerah dan harapan masyarakat.
 
Terkait anggaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Untuk anggaran penggajian PPPK tersebut akan berbagi antara pemerintah pusat dan daerah. Meskipun ada beberapa daerah yang tidak mengusulkan secara maksimal karena keterbatasan anggaran," katanya.
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan bahwa daerah ini tidak melaksanakan tes CASN dan PPPK 2023.
 
Hal tersebut, papar dia, disebabkan penggunaan APBD 2023 untuk belanja pegawai Provinsi Bengkulu pada 2023 sudah mencapai 40 persen.
 
"Penggunaan APBD 2023 untuk belanja pegawai Provinsi Bengkulu sudah mencapai 40 persen dan sesuai aturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) penggunaan APBD idealnya 30 persen," ujarnya.
 
Oleh karena itu, ujar dia, pada tahun ini tes CASN dan PPPK di Provinsi Bengkulu tidak dapat dilaksanakan meskipun pemerintah membutuhkan tenaga guru, kesehatan dan lainnya.
 
Namun, katanya, jika pemerintah pusat memberikan tambahan anggaran belanja pegawai untuk Provinsi Bengkulu maka pelaksanaan tes CASN dan PPPK 2023 akan dilaksanakan. (Sumber:Antara)

Baca Juga:Rio Ferdinand Bocorkan 3 Penyerang Terbaik Eropa, Menyusul Kylian Mbappe dan Erling Haaland

News

Terkini

fathar dan Rayyanza bakal ditinggal Raffi Ahmad dalam waktu yang cukup lama karena ada panggilan untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekah.

Lifestyle | 11:59 WIB

Mayang Lucyana Fitri baru-baru ini dikabarkan akan dilamar oleh lelaki kaya raya yang merupakan juragan emas, netizen tak terima hingga beri banyak nyinyiran.

Lifestyle | 11:25 WIB

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam memperingati Hari Lahir Pancasila ini, selain diperingati dalam bentuk upacara bendera di berbagai tempat, warga di Tanah Air juga meriahkan hari lahir Pancasila ini di ranah media sosial.

Lifestyle | 11:00 WIB

Artis NNindy Ayunda memenuhi panggilan Bareskrim Polri untuk menjalani pemeriksaan terkait kkasus kepemilikan senjata api ilegal dan dugaan menyembunyikan kekasihnya, Dito Mahenndra.

Lifestyle | 10:25 WIB

Lolly, sapaan akrab Laura atau anaknya Nikita Mirzani itu akhirnya buka suara, dengan tegas membantah kecurigaan warganet soal hubungannya dengan Antonio Dedola.

Lifestyle | 10:10 WIB

ada beberapa jenis bahan yang sebaiknya tidak digunakan sebagai pelumas seksual. Berikut ini adalah beberapa di antaranya air liur hingga putih telur.

Lifestyle | 08:01 WIB

Menabung merupakan kegiatan yang penting untuk menciptakan kestabilan keuangan pribadi atau rumah tangga. Menabung pun bisa membuat kita lebih tenang secara finansial.

Ekbiz | 07:31 WIB

Berikut ini merupakan beberapa tips berhubungan seks dengan pasangan di dapur. Simak pembahasan selengkapnya.

Lifestyle | 07:01 WIB

Presiden Barcelona, Joan Laporta dikabarkan tengah fokus memburu tanda tangan Lionel Messi untuk musim mendatang.

Sport | 21:43 WIB

Legenda hidup Manchester United (MU), Gary Neville menduga kalau skuad berjulukan Setan Merah tersebut akan segera beralih kepemilikan setelah Liga Inggris musim ini berakhir.

Sport | 21:09 WIB

Sukron menabrak pengendara motor hingga tewas di Slipi pada 25 April 2023 lalu

Metropolitan | 07:02 WIB

Forum Akademisi Penggemar Sepak Bola Indonesia (FAPSI) menggelar nonton bareng (nobar) Piala Dunia U-20 antara Brazil melawan Tunisia.

Metropolitan | 06:12 WIB

Kongres Majelis Amanah Persatuan Kaum Betawi bakal dihadiri Heru Budi.

Metropolitan | 21:15 WIB

Plt Kepala Disdik DKI Syaefuloh Hidayat mengatakan, nilai anggaran untuk mencairkan dana KJP Plus Tahap I Tahun 2023 adalah Rp 1,5 triliun.

Metropolitan | 18:46 WIB

Cuma ketemu sama penjaganya doang. Itu juga cuma pas bayar keamanan aja, kata Aminah.

Metropolitan | 16:18 WIB

Meski begitu, Cinta Laura masih mau berteman dengan pemilik zodiak pisces.

Gosip | 12:29 WIB

Rizky Billar momong anak saat Lesti Kejora tampil di konser Kerajaan Cinta Ahmad Dhani.

Gosip | 12:17 WIB

Baekhyun, Xiumin dan Chen EXO mendadak umumkan mengakhiri kontrak eksklusif dengan SM Entertainment

Gosip | 12:06 WIB

Namun warganet menilai jajan Nia Ramadhani di ojol masih tergolong wajar.

Gosip | 11:51 WIB
Tampilkan lebih banyak