Mulai Hari Ini! Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut, Cek Persyaratannya

Mulai hari ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengendara motor yang menggunakan kapal laut periode lebaran 2023.

Fuji R
Kamis, 23 Maret 2023 | 15:20 WIB
Mulai Hari Ini! Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut, Cek Persyaratannya
Pemudik kapal di semarang (FOTO ANTARA/ I.C.Senjaya)

LINIMASA - Mulai hari ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran mudik gratis bagi pengendara motor yang menggunakan kapal laut periode lebaran 2023.

Mudik Lebaran gratis menggunakan kapal laut ini untuk tujuan dari Jakarta ke Semarang dan Semarang ke Jakarta. Lebih tepatnya Tanjung Priok Jakarta-Tanjung Emas Semarang dan Tg. Emas Semarang-Tg. Priok Jakarta. 

Pendaftaran dibuka pada 23 Maret-5 April 2023 dengan verifikasi pendaftaran akan dilakukan pada 25 Maret-7 April 2023.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Hendri Ginting menyebutkan pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis akan dilakukan secara daring melalui https://mudikgratis.dephub.

Baca Juga:Ngabuburit ke Ancol Yuk! Ada Program Tiket Masuk Gratis Selama Bulan Ramadan 2023

Sedangkan pendaftaran langsung dilakukan mulai 23 Maret 2023-16 April 2023 di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Gedung Cipta lantai dasar Kemenhub Jakarta.

Adapun kuota yang tersedia sangat terbatas. Kemenhub hanya menyiapkan tiket untuk 2.500 sepeda motor dan 5.000 orang

"Untuk kuota tersedia 2.500 penumpang/trip dan 1.250 motor/trip sehingga total kuota mudik adalah 5.000 orang dan 2.500 motor, sedangkan balik 5.000 orang dan 2.500 motor," kata Hendri.

Adapun program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut itu dalam rangka meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas pengguna jalan raya khususnya pengguna sepeda motor pada jalur pantai utara (pantura).

Hendri mengatakan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut itu juga sebagai bentuk dukungan Ditjen Perhubungan Laut mengenalkan moda transportasi alternatif untuk mudik Lebaran 2023 ini.

Baca Juga:Arya Saloka Kepergok Nonton Siaran Amanda Manopo hingga Ketiduran, Rupanya Mas Bumi Lagi Pantau Mba Bulan

"Selain untuk menurunkan tingkat kepadatan di jalan raya dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan bagi pengemudi motor, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat bahwa kapal laut bisa sebagai moda alternatif untuk mudik lebaran," ujarnya.

Pada masa angkutan Lebaran 2023, Kemenhub memprediksikan terjadi peningkatan jumlah pemudik.

Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, jumlah pemudik berjumlah 123,8 juta orang naik jika dibandingkan pada 2022 sebesar 85,5 juta orang.

Kemenhub mengharapkan dengan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tersebut dapat menekan kepadatan mudik yang ada.

"Dengan diprediksi peningkatan jumlah pemudik pada tahun 2023 ini, kami harap dengan adanya mudik gratis ini dapat memberikan dampak yang positif," kata Hendri.

Berikut persyaratan untuk mengikuti program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut, yakni memiliki STNK dan SIM yang sah, kondisi motor layak jalan, tidak boleh ada modifikasi/aksesoris tambahan pada kendaraan yang dapat mengganggu proses lashing, harus ada penyangga/standar tengah (standar dua), harus dilengkapi dengan pegangan belakang.

Selanjutnya, ukuran roda dan ban standar atau sesuai spesifikasi pabrik, tidak diperbolehkan adanya boks samping kiri, kanan maupun belakang, jumlah helm harus sesuai jumlah penumpang, bensin sepeda motor pada saat akan diangkut harus dalam keadaan maksimal 1 liter/motor, dan kunci motor dapat dititipkan kepada petugas/panitia pelaksana.

Sementara, dokumen yang wajib dibawa pada saat pendaftaran, yaitu kartu identitas calon pemudik, STNK asli dan SIM asli. (Sumber: ANTARA)

News

Terkini

Gaji ke-13 PNS Cair pada Senin, 5 Juni 2023 ternyata segini besaran jumlah uang yang akan diterima oleh ASN dan keluarga

Ekbiz | 21:36 WIB

Real Madrid secara resmi mengumumkan pada Minggu (4/6/2023) sore WIB bahwa Karim Benzema, akan meninggalkan klub pada akhir musim 2022/2023 ini.

Sport | 21:08 WIB

Sidang perceraian antara Inara Rusli dan suaminya, Virgoun, masih berlangsung sementara, namun Inara mengaku sudah mendapatkan perhatian dari ratusan pria.

Lifestyle | 20:45 WIB

Raisa Andriana, penyanyi yang telah diketahui memiliki seorang anak bernama Zalina yang berusia 4 tahun, tampaknya masih enggan untuk memperlihatkan wajah dan perkembangan putrinya tersebut kepada publik

Lifestyle | 20:06 WIB

Ria Ricis dikabarkan hamil anak kedua, apakah benar? simak selengkapnya penjelasan dari Ria Ricis

Lifestyle | 18:55 WIB

Nikita Mirzani membongkar sifat asli Antonio yang justru membenci Lolly. Nikita Mirzani juga menyebut jika Lolly berbohong.

Lifestyle | 11:47 WIB

Perseteruan anak dan ibu, yakni Laura Meizani Nasseru Arsy alias Lolly dengan Nikita Mirzani semakin memanas.

Lifestyle | 11:23 WIB

Huru-hara antara Maia Estianty dan Mulan Jameela kembali memanas. Hal tersebut mencuat usai muncul video Maia tengah karaokean dengan Bunga Citra Lestari alias BCL. Dalam video tersebut, Maia mengganti lirik lagu ciptannya, "Teman Tapi Mesra" dengan kata "teman makan suami teman".

Lifestyle | 15:12 WIB

Berikut lima manfaat jaung bagi kesehatan, satu di antaranya dapat mencegah anemia.

Lifestyle | 14:16 WIB

Kejaksaan Agung (Kejagung) menghargai langkah Partai NasDem yang mengajukan gugatan praperadilan terkait penetapan status tersangka Johnny G Plate.

News | 13:34 WIB

Anies mengaku mendukung Mitch Evans karena merupakan pemenang dari Formula E Jakarta 2022 lalu.

Metropolitan | 18:04 WIB

Anies meyakini Jakpro dan panitia penyelenggara tahun 2024 bisa mengambil keputusan terbaik untuk ajang balap mobil listrik ke depannya.

Metropolitan | 17:50 WIB

Hal ini disampaikan Anies saat menghadiri hari pertama Formula E Jakarta 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (3/6/2023).

Metropolitan | 14:25 WIB

Kepada awak media, eks Gubernur DKI ini mengaku tak diundang hadir ke ajang balap mobil listrik internasional itu.

Metropolitan | 13:39 WIB

Menurut informasi yang diperoleh Suara.com, Anies sengaja untuk membeli tiket guna menyaksikan balap mobil.

Metropolitan | 12:57 WIB

Nikita Mirzani tak segan membongkar sederet kenakalan Lolly, anak sulungnya.

Gosip | 00:05 WIB

Meski diselingkuhi, Natalie Portman kabarnya tidak ada niatan untuk bercerai.

Gosip | 23:40 WIB

Apa yang dikatakan Raffi Ahmad juga mendapat dukungan dari banyak pihak.

Gosip | 23:05 WIB

Inara Rusli masih sering teringat kebaikan Virgoun sehingga tak tega jika mantan suaminya dihujat banyak orang.

Gosip | 22:20 WIB

Nikita Mirzani maki-maki orang yang bantu dan berhubungan dengan anaknya, Lolly.

Gosip | 21:10 WIB
Tampilkan lebih banyak